JAWABAN AL QURAN TENTANG MENGELUH
0 view

JAWABAN AL QURAN TENTANG MENGELUH


Hukum mengeluh jelas dilarang dalam Islam, karena seharusnya kita sebagai Muslim harus bersabar dan tabah akan semua cobaan yang datang pada kita.

1.  Jika kita bertanya: Mengapa aku diuji?
Maka Al Qur’an menjawab:

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan begitu saja,sedangkan mereka mengatakan Kami telah beriman ,sedangkan mereka belum diuji? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (Surah Al-Ankabut Ayat 2-3).

 

2.  Jika kita bertanya: Mengapa ujian seberat ini?

Maka Al Qur’an menjawab:

Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (Surah Al-Baqarah Ayat 286).

 

3.  Jika kita bertanya: Mengapa aku tidak mendapatkan apa yang aku idam-idamkan?

Maka Al Qur’an menjawab:

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui. (Surah Al-Baqarah Ayat 216).

 

4.  Jika kita bertanya: Mengapa aku merasa frustasi?

Maka Al Qur’an menjawab:

Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman. : (Surah Al-Imran Ayat 139).

 

5.  Jika kita bertanya: Bagaimana aku harus menghadapinya?

Maka Al-Qur’an menjawab:

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah SWT) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat dan sesungguhnya shalat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyu. (Surah Al-Baqarah Ayat 45).

 

6.  Jika kita bertanya: Apa yang aku dapat daripada semua ini?

Maka Al Qur’an menjawab:Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka.(Surah At-Taubat Ayat 111).

 

7.  Jika kita bertanya: Kepada siapakah aku berharap?

Maka Al Qur’an menjawab: Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakal. (Surah At-Taubat Ayat 129).

 

8.  Jika kita bertanya: Mengapa hati ini tidak tenang?

Maka Al Qur’an menjawab : (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram. (Surah Ar Ra’d Ayat 28).

Maha benar Allah dengan segala firman-NYA

 

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Posting Terkait

Komentar

Posting Komentar
Tunggu dulu...